Jumat, 15 Januari 2016

Bussiness Plan

A. Pendahuluan

Semakin banyaknya industri perkantoran di kota-kota besar mengakibatkan semakin meningkatnya kebutuhan akan perlengkapan yang menunjang dalam setiap kegiatan perkantoran. Tidak hanya itu, kebutuhan akan tulis juga sangat diperlukan oleh para siswa dari tingkat Sekolah Dasar sampai mahasiswa di perguruan tinggi.
Dewasa ini, semakin banyak pula orang yang mencoba keberuntungannya di dunia penjualan ATK. Dengan melihat peluang yang ada, saya mencoba untuk ikut bersaing menjual produk dengan kualitas terbaik dan harga yang kompetitif. Diharapkan usaha yang akan saya rintis ini akan semakin berkembang dan mempunyai beberapa outlet di kota-kota besar lainnya.

B. Organisasi Usaha

Nama perusahaan : working happens stationery (worhap)
Bidang usaha : Alat tulis kantor
Tahun berdiri : 2015
Alamat perusahaan : jalan semeru raya no. 30, grogol, Jakarta barat
Contact person
Hp : 081808355526
Email : worhap.stationery@yahoo.co.id
Facebook : working happens stationery



Struktur organisasi




Nama pemilik : Febriyani Hidayati
Pimpinan : Febriyani Hidayati
Nama-nama Karyawan
Ka. Pemasaran & penjualan : Ferdinand Fajri
Staff : Haikal & Citra
Ka. Keuangan : Alfajrin Aditya
Staff : Nabila

Job description
Ka. Pemasaran & penjualan beserta satff bertugas mengawasi dan memberi arahan kepada staffnya , mengontrol stok barang masuk dan keluar, memasarkan produk lewat sosial media.
Ka. Keuangan beserta staff bertugas mengatur kegiatan keuangan dan administrasi perusahaan dan melaporkan kepada owner setiap minggunya

Gaji untuk tiap kepala bagian : Rp 6.000.000 x (2orang) = Rp 12.000.000
Gaji untuk masing-masing staff : Rp 3.000.000 x (3 orang)= Rp 9.000.000
Total biaya untuk pembayaran gaji tiap bulannya Rp 21.000.000

C. Pemasaran

Working happens stationery merupakan peluang usaha menyediakan kebutuhan alat tulis kantor (ATK), Dimulai dari pensil, pulpen, penghapus, crayon untuk mewarnai, tinta printer, dan masih banyak lagi secara lengkap. Produk yang kami jual tentu yang berkualitas dengan harga yang kompetitif dan variatif di setiap jenisnya. Kami menawarkan berbagai macam promo menarik di setiap akhir bulan, yang tentu tidak banyak dilakukan oleh produsen yang lain. karena outlet kami menjual harga yang cukup kompetitif, diharapkan para pembeli yang datang dari berbagai kalangan. Bawah-menengah-sampai atas, dari Taman Kanak-Kanak, perguruan tinggi, sampai dengan para pekerja di perusahaan-perusahaan. Untuk saat ini, working happens stationery akan dibuka 1 outletnya di daerah Jakarta Barat. Untuk jangka panjang, kami berharap working happens stationery ini akan mempunyai beberapa cabang di kota-kota besar di Indonesia.

Lokasi : Jakarta Barat
jumlah penduduk : kurang lebih 1 juta penduduk
usia : 5 s/d 55 tahun
pendapatan : usia sekolah  Rp 300.000 s/d Rp 500.000 (uang saku dari orang tua perbulan)
usia produktif Rp 3.000.000 s/d Rp 15.000.000 perbulan
potensi pembeli : 100 pembeli yang datang perharinya, weekend 200-300 pembeli
penjualan per bulan : Rp 30.000.000 s/d Rp 50.000.000
penjualan per tahun : Rp 360.000.000 s/d 600.000.000

seperti yang telah dijelaskan, worhap stationery memiliki beberapa rencana penjualan dengan promo-promo yang dapat menarik minat pembeli di setiap bulannya, yang target pasarnya meliputi para pelajar dan pekerja kantoran yang memggunakan alat-alat kantor di kesehariannya.
Tingkat pertumbuhan permintaan berdasarkan pertumbuhan penduduk (10%), pertumbuhan penawaran berdasarkan pertumbuhan ekonomi (5%),dan pertumbuhan penjualan (20%)
Pesaing utama memiliki keunggulan yaitu lebih terjangkaunya lokasi outlet, sehingga lebih memudahkan pembeli ketika akan berbelanja disana, harga yang ditawarkan juga cukup miring.
Biaya transportasi pemasaran Rp 500.000

D. Produksi

1) Tanah
Luas tanah yang dibutuhkan untuk bangunan usaha kurang lebih 100m2, didaerah yang cukup strategis dan banyak kendaraan umum berlalu lalang.

2) Bangunan
Bentuk bangunan usaha cukup minimalis, luasnya kira-kira 80 m2 dari luas tanah yang tersedia. Sisanya untuk lahan parkir.

3) Mesin dan peralatan
1) Komputer Rp 4.000.000
2) Mesin kasir Rp 1.000.000
3) Meja kasir Rp 1.000.000
4) Inventaris kantor
- 5 buah etalase Rp 2.500.000
- 1 buah AC Rp 2.500.000
- 2 buah kipas angin Rp 500.000

5) Kendaraan
1 buah motor Rp 13.000.000
6) Kontrak gedung dibayar di muka Rp 7.000.000
7) Biaya sewa Rp 15.000.000/tahun
8) Pembelian barang yang akan dijual Rp 10.000.000
9) total gaji karyawan Rp 21.000.000/bulan
10) Biaya umum
a) Tagihan listrik Rp 500.000
b) Bensin Rp 200.000
c) Telepon Rp 100.000
d) Air minum Rp 100.000
e) Keamanan & kebersihan Rp 200.000

11) kebutuhan alat tulis kantor Rp 200.000
- Buku laporan/nota
- Pulpen
- Label putih
- Spidol
12) Tata letak bangunan



E. Keuangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar